Kamis, 27 Juni 2019

Kedahsyatan dan Keutamaan Membaca Surat Yasin

Tags

Keutamaan membaca surat Yasin - Surat Yasin tergolong surat makkiyah, yakni surat yang diturunkan di kota Makkah. Surat ini merupakan surat yang ke 36 dalam Al-Qur'an dan terdiri dari 83 ayat. Sebagai jantungnya al-Qur'an surat yasin memiliki banyak fadhilah yang mungkin belum kita ketahui sebelumnya.

Kedahsyatan dan Keutamaan Membaca Surat Yasin

Adapun inti kandungan surat Yasin diantaranya berisi tentang pokok-pokok keimanan, tanda kekuasaan Allah, peringatan kematian dan hari kiamat, serta kisah perjuangan para syuhada. Oleh karena itu, hendaknya kita memahami pokok kandungan surat Yasin sehingga kita mampu menjalankan kehidupan sesuai petunjuk-Nya serta benar-benar merasakan kedahsyatan membaca surat Yasin.

Sebagian besar masyarakat Indonesia mengamalkan bacaan surat Yasin pada malam Jum'at melalui berbagai kegiatan keagamaan, baik sendirian maupun secara berjama'ah. Namun sebagian kalangan beranggapan bahwa membaca Yasin pada malam Jum'at bertentangan dengan syariat dan tidak ada dalilnya. Lalu apa dasar anjuran membaca Yasin di malam Jum'at?

Dalil Anjuran Membaca Surat Yasin di Malam Jumat


Dikutip dari NU Online, memang benar yang paling umum dijelaskan dalam kitab fiqih adalah anjuran membaca surat al-Kahfi pada hari atau malam Jum'atnya. Banyak dalil yang menerangkan keutamaannya bahkan beberapa diantaranya mencapai derajat hadits shohih.

Berbeda dengan dasar anjuran membaca Yasin pada malam Jum'at yang tidak banyak ditemukan. Keutamaan membaca Surat Yasin sendiri ditegaskan dalam sebuah hadits riwayat Abu Daud sebagai berikut:

“Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya.” (HR Abu Daud dari al-Habr)

Al-Manawi menegaskan bahwa hadits ini tergolong hadits yang sanadnya terputus.

Meskipun kualitas sanad hadits tentang keutamaan bacaan Surat Yasin ini tergolong lemah, namun tetap dianjurkan dan dapat diamalkan isi kandungannya. Sebagaimana ditegaskan oleh ulama bahwa hadits-hadits lemah boleh diamalkan untuk hal-hal yang berkaitan dengan keutamaan amal asalkan bukan tergolong hadits maudlu’ (palsu).

Syekh Ibnu Hajar al-Haitami mengatakan:

“Dan merupakan ketetapan bahwa hadits dla’if, mursal, munqathi’, mu’dlal dan mauquf dapat dipakai untuk keutamaan amal menurut kesepakatan ulama.” (Syekh Ibnu Hajar al-Haitami, al-Fatâwâ al-Kubrâ al-Fiqhiyyah, Beirut, Dar al-Fikr, 1983 M, juz 2, hal. 53).

Fadhilah Membaca Surat Yasin

Baik surat Yasin ataupun surat-surat lain dalam al-Qur'an sangat baik dibaca kapan saja, baik di malam Jum'at terlebih dibaca setiap hari. Di dalam buku Kedahsyatan Membaca Alquran, karya Amirulloh Syarbini, apabila seseorang membaca surat Yasin untuk menghadapi permasalahan yang sangat sulit, maka Allah akan memberi kelancaran padanya.

Dikutip dari harakahislamiyah.com dan dari berbagai sumber, sebagaimana dijelaskan dalam kitab Tafsir Ibnu Katsir, berdasarkan riwayat yang bersumber dari Nabi dan para ulama salaf, setidaknya terdapat delapan keutamaan surat Yasin:

1. Berpahala 10 kali khataman Al-Qur'an


Begitu besar pahala membaca surat Yasin, tidak tanggung-tanggung pahalanya sampai dihitung 10 kali khatam al-Qur'an. Sebagaimana dijelaskan dalam hadits:

Dari Anas yang berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Setiap sesuatu punya inti. Inti Alquran adalah Yasin. Barang siapa membaca Yasin, Allah akan mencatat satu kali bacaan setara sepuluh kali bacaan Alquran” (HR Al-Tirmidzi, Al-Hakim, Al-Bazzar dan Al-Baihaqi)

2. Mendapatkan ampunan Allah


Kita sebagai manusia biasa tidak akan pernah luput dari salah. Begitu besar dosa-dosa yang manusia lakukan baik disadari ataupun tidak disadarinya. Mari perbanyak membaca surat Yasin supaya mendapatkan fadilahnya yakni mendapat ampunan dari Allah SWT. Sebagaimana diterangkan dalam hadits:

Dari Al-Hasan, dia mendengar Abu Hurairah berkata, Rasulullah SAW bersabda, “Orang yang membaca Yasin pada suatu malam, dia akan masuk pagi dalam keadaan diampuni dosanya. Orang yang membaca Ha Mim Al-Dukhan, dia akan masuk pagi dalam keadaan diampuni” Sanad hadis ini jayyid. (HR. Abu Ya’la).

3. Mempermudah sakaratul Maut


Kita tidak pernah tahu kapan kematian menjemput, apakah dipermudah ataukah dipersulit. Tentu kita berharap kematian yang khusnul khotimah. Oleh karena itu, sering-sering membaca surat Yasin mampu mempermudah sakaratul maut.

Dari Ma’qil bin Yasar, Rasulullah SAW bersabda, “Bacakanlah ia untuk orang yang menghadapi kematian di antara kalian.” Maksudnya surat Yasin. (HR. Ahmad)

4. Meringankan siksa kubur si mayit


Warga nahdliyin memiliki rutinitas membaca Q.S. Yasin dan tahlil setiap malam Jum'at. Mereka percaya bahwa selain mendapat pahala juga dapat meringankan siksa kubur si mayit.

Imam Ahmad berkata, Abul Mughirah meriwayatkan, Shafwan meriwayatkan berkata, “Para guru kami ketika dibacakan Yasin di samping mayit, dia akan diringankan azabnya.” (Tafsir Ibnu Katsir, jilid 6, hlm. 562)

5. Meringankan segala kesulitan


Siapa saja pasti tidak ingin hidup dalam kesulitan. Namun, dalam kehidupan setiap manusia pasti mengalami cobaan dan rintangan. Perlu kita ingat bahwa setiap ada kesulitan pasti ada kemudahan. Untuk menghadapi segala kesulitan, meringankan beban hidup, dan mempermudah segala urusan, kita bisa mendekatkan diri kepada Allah dengan rajin membaca surat Yasin.

Berdasar riwayat di atas, sebagian ulama berkata, “Di antara keistimewaan surat ini adalah, ia tidak dibaca saat dalam keadaan sulit, kecuali Allah akan memudahkannya. Membacakan Yasin di samping orang yang sudah wafat adalah untuk menurunkan rahmat dan berkah dari Allah. Dan memudahkan keluarnya ruhnya. Wallahu A’lam.” (Tafsir Ibnu Katsir, jilid 6, hlm. 562)

6. Dikabulkan segala hajat


Apabila kita memantapkan hati dan niat membaca yasin hanya untuk beribadah kepada Allah, Insya Allah segala hajat serta keinginan kita akan dikabulkan.

“Barang siapa yang membaca surat yasin sepenuhnya dan saat mencapai pada ayat 58 surat yasin tersebut diulang sebanyak 7 kali maka allah SWT akan mempermudah dan mengabulkan hajatnya.”

7. Pemberi syafa’at di akhirat


Dari shahabat Abu Umamah Al-Bahili radhiallahu ‘anhu , saya mendengar Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Bacalah oleh kalian Al-Qur`an. Karena ia (Al-Qur`an) akan datang pada Hari Kiamat kelak sebagai pemberi syafa’at bagi orang-orang yang rajin membacanya.” (HR. Muslim).

8. Memperoleh cahaya di hari kiamat


Kita tidak pernah tahu bagaimana keadaan kelak dihari kiamat. Apakah kita akan tergolong orang yang mendapatkan cahaya terang ataukah tergolong dalam kegelapan. Semoga dengan membaca surat yasin kelak diakhirat mendapat cahaya dari Allah SWT.

Dari Abu Hurairah ra berkata:  “Bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam  bersabda: “Siapa yang medengar satu ayat daripada Kitab Allah Ta’ala (al-Qur’an) ditulis baginya satu kebaikan yang berlipat ganda. Siapa yang membacanya pula, baginya cahanya di hari kiamat.”

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda (centang beri tahu saya untuk mendapat balasan komentar via email)
EmoticonEmoticon